7 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Saat Liburan Menjelang Hari Raya


Hello. Yap, itulah sapaan bagi kalian pengunjung setia pada blog saya. Mohon maaf sebelumnya jika saya kurang begitu update tulisan saya di blog ini. Namun, kali ini saya akan mencoba membuat sebuah postingan yang semoga bermanfaat bagi kalian.

Libur telah tiba, libur telah tiba, horay.. horay.. horay... hayo, siapa yang kangen dengan lagu itu? Lagu itu kerap saya dengar ketika saya berusia 7 tahun. Bagi anak anak, memang hari libur itu sangat menyenangkan. Mengisi liburan dengan bermain, bercanda gurau, bahkan menghabiskan waktu bersama teman teman. Namun ketika kalian menginjak usia remaja atau bahkan sudah hampir bukan remaja lagi, kerap kali kita dibingungkan dengan hal ‘’Mau ngapain yah liburan kali ini?’’ ‘'Duhh.. gabut banget, liburan di rumah terus.’’ Yap, itulah yang kebanyakan dipikirin sama anak muda jaman sekarang. Nah, berikut ini ada tips dari saya ke kalian yang suka galau tentang kegiatan liburan.  

1. Intropeksi Diri
Pasti kalian sudah tak asing dengan kata kata ‘’Hari ini harus lebih baik dari kemarin’’. Namun, sudahkan kalian memperbaiki diri? Jika belum, ini bisa jadi referensi kamu buat menjadikan liburan kamu lebih bermanfaat. Memang, intropeksi diri bisa kapan saja dilakukan. Namun biasanya, kebanyakan anak muda lalai dengan hal ini karena sibuk dengan urusan pribadi masing-masing. Sebagai anak muda juga, tak ada salahnya saya mengingatkan kalian untuk memperbaiki diri setiap saat. Apalagi sekarang masih menginjak bulan yang penuh rahmat, bulan ramadhan. Yuk, bisa dicoba tips yang satu ini.

2. Berkumpul dengan Keluarga
Buat kalian yang setiap hari kumpul dengan keluarga, bersyukurlah. Kalian bisa merasakan kehangatan kekeluargaan, berbuka puasa bersama, dan bercengkrama satu sama lain. Namun jika kalian adalah anak rantau, segeralah pulang ke kampung halaman. Yap, pulang adalah pilihan terbaik bagi kalian yang ingin menghabiskan sisa liburan menjelang hari raya. Selain menggugurkan rasa rindu, kalian bisa langsung berbagi cerita dengan keluarga. Hal ini membuat rasa kekeluargaan tetap terjaga satu sama lain.

3. Jalin Silaturahmi dengan Teman Lama
Semenjak kalian lulus dari bangku SMP, SMA, atau perkuliahan pasti ada rindu untuk bertemu dengan kawan lama. Rindu akan berkumpul bersama, bercanda gurau, dan berbagi cerita. Namun terkadang kerap kali kawan lama tidak bisa dihubungi untuk diajak sekedar bertemu. Buat kalian yang ingin menghabiskan waktu liburan, bisa juga mencoba membuat acara atau menghadiri acara reuni bersama. Hal itu pasti sangat dinantikan oleh kawan kawan lama yang lain juga. Meskipun hanya bertemu sesaat, pasti terkenang sepanjang hayat.  

4. Merencanakan Tempat Liburan yang Menyenangkan
Liburan memang tak asyik jika berdiam diri saja di rumah. Buat kalian yang suka travelling, tak ada salahnya merencanakan tempat liburan yang menyenangkan. Mulailah menghubungi teman yang bisa diajak berlibur di tempat tempat yang asyik. Jika mereka tidak bisa, kalian bisa berlibur dengan keluarga. Hal ini membuat otak kalian menjadi fresh dan melupakan sejenak permasalahan hidup kalian. Hehe... Kalian juga bisa menghubungi biro perjalanan jika tidak mau repot membawa kendaraan pribadi.

5. Mengerjakan Tugas yang Belum Terselesaikan
Jika kalian seorang mahasiswa semester terakhir, tunda dulu main-main nya. Fokus terhadap target yang ingin kalian capai. Jangan sampai wisuda nya tertunda gara-gara kebanyakan main ya. Atau jika kalian seorang siswa SMA yang baru lulus dan belum mendapatkan perguruan tinggi. Ini adalah momen terbaik kalian untuk belajar dari kegagalan. Mungkin bisa sambil perbanyak latihan latihan soal ujian mandiri atau sejenisnya. Jangan sampai kalian lupa akan tugas dan kewajiban kalian ya.
6. Mencari Hobi Baru
Hobi memang berubah ubah seiring dengan bertumbuhnya usia. Jika waktu SD kita sering bermain layang-layang, waktu SMP hobi bermain basket, waktu SMA hobi bermain musik, atau bahkan waktu kuliah hobi berbisnis. Hobi memang terkait dengan pencarian jati diri seseorang. Buat kalian yang ingin mencari cari passion yang cocok buat kalian, inilah saat yang tepat buat kalian. Mencari hobi baru butuh proses yang tidak sebentar. Jika dihitung hitung, waktu liburan seperti inilah yang bisa kalian manfaatkan untuk mencari hobi baru. Asal jangan hobi mencari banyak wanita atau pria ya guys.. hehe

7. Membuat Target Kedepan
Hidup terasa indah jika dengan target. Jika kalian belum punya target ke depan tentang apa yang ingin kalian capai, hidup kalian terasa kebingungan. Ibarat air sungai yang mengikuti arus. Tak tahu harus kemana. Namun jika arah arus itu kita yang mengatur, kita bisa lebih efektif menggapai tujuan yang kita inginkan. Nah, untuk mengisi waktu luang liburan, kalian bisa mencoba merajut target yang ingin kalian gapai di tahun ini atau bahkan 10 tahun lagi. Mungkin dari kalian ingin mempersiapkan pernikahan di tahun ini, atau ingin melanjutkan kuliah di luar negeri, atau bahkan ingin mencari pasangan hidup karena bertahun tahun menjomblo. Hehe... pikirkan itu dengan baik-baik jangan sampai menyesal di kemudian hari ya.


Itulah 7 tips yang bisa kalian lakukan di liburan hari raya kali ini, semoga setiap tulisan diatas bermanfaat bagi kalian yang SUPER DUPER GALAU dengan kegiatan di liburan kali ini. Selamat menjalankan ibadah puasa bagi kalian semua.

Ditulis oleh : Nara Bagus Darmawan 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

12 Facts About Me (Profile Video)

20 MENIT SEBELUM 20 TAHUN