SIAP MENGHADAPI PERT ?


Assalamualaikum wr. wb.

Selamat malam para kawula muda. Kembali lagi bersama saya akhirnya. Dari dulu pengen banget nulis sebulan sekali tapi selalu aja ada yang menghalangi. Entah itu tugas, ujian, dll. Alhamdulillah sekarang bisa nulis lagi dan sharing ke teman teman semua.

Oiya ini lagi pas banget aku pengen cerita tentang ujian PERT tepat 3 bulan lalu. Sebenernya pengen banget cerita pas waktu habis lulus tes nya tapi baru sempet sekarang nulis lagi. Berhubung malem ini nggak bisa tidur jadi aku mulai nulis aja siapa tau bisa bermanfaat buat temen temen semua J

Yap, tepat 3 bulan yang lalu saya dan temen temen ikut tes PERT. Apasih test ini? Mungkin bagi sebagian orang belum tau. PERT (Post Education Readiness Test) itu ujian masuk perguruan tinggi di US (United State) yang terdiri dari reading, writing, dan math. Kerena tempat kuliah saya kerjasama sama US dan mengharuskan mengambil tes ini jadi setiap mahasiswa baru harus mengambilnya sebagai syarat masuk. Bagi angkatan saya mungkin sudah muak dengan tes yang satu ini. Karena memang sudah terlalu banyak ujian yang telah kita lewati bersama baik PERT atau Accuplacer dulu.

Banyak sekali yang nanya gimana sih bisa lulus PERT? Kok susah banget ya? Awalnya saya juga berperasaan seperti itu. Jika dihitung hitung saya sudah ambil ujian PERT sebanyak 4 kali. Dan sebelum itu sudah mengambil tes Accuplacer sebanyak 3 kali. Total sudah 7 kali. Sedih? Ya pastinya sedih belum lulus lulus waktu itu, sampai kapan harus begini. Batin saya waktu itu. Sedih itu wajar, itu adalah sebuah perasaan manusiawi. Coba kalau kalian tidak punya perasaan sedih, bagaimana kalian bisa berempati ke pada sesama? Jika ada musibah, sedihnya jangan lama lama. Harus ikhlas apa yang sudah terjadi dan yakin bahwa rencana-Nya itu sungguh indah.

Flashback 3 bulan yang lalu, jujur saya tertekan waktu itu. Banyak yang harus dilakukan di luar kegiatan kuliah sedangkan di sisi lain saya harus ikut tes PERT. Saya masih ingat kalau tes PERT saya waktu itu diapit oleh 2 agenda besar yang tak mungkin ditinggalkan oleh saya. Konser paduan suara angkatan saya di Jakarta Youth Choir (JYC) dan konser PSM kampus. Setiap hari pulang malam, ya itulah konsekuensi yang harus saya ambil. Belum lagi tugas mata kuliah yang MasyaAllah itu… Pusingnya minta ampun deh. Tapi ya balik lagi, prinsip saya cuman satu, kekuaatan doa lah yang bisa melancarkan semua ini.

Tepat H-1 sebelum test dimulai, saya masih jetlag dengan konser padus JYC sehari yang lalu. Akhirnya saya hanya bisa tidur seharian. Merilekskan badan sejenak sebelum besok mengikuti tes. Malam harinya saya hanya mengerjakan soal soal tak lebih dari 10 soal dan saya lanjut tidur lagi sampai pagi. Pagi harinya saya tak lupa mengabari orang tua dan minta doa nya. Dan juga tak lupa saya sudah mengantongi bekal sholawat dan sholat dhuha pagi harinya.

Bismillah… saya langkahkan kaki saya ke kampus untuk mengikuti ujian. Dzikir, sholawat, wudhu, terus saya jaga sambil jalan kaki ke kampus. Entah saya rasa hawa sejuk waktu itu terasa banget pas jalan kaki, padahal terik matahari udah lumayan terang. Dan saya akhirnya sampai ke kampus. Begitu sampai, ketemu temen temen, bersalaman sambil memberi semangat. Eh gataunya kesentuh tangan cewek, batal deh wudhu nya.. wudhu lagi akhirnya (wkwk drama pagi hari). Yap, saya selalu usahakan dalam kondisi berwudhu.

Ujian pun berlangsung. Saya kerjakan soal satu persatu dengan teliti, kalau nggak bisa jawab langsung istighfar 3 kali dan sholawat sebanyak banyaknya. Langsung deh tembak sesuai kata hati dengan mengucap bismillah. Yah walaupun kita nggak tau itu salah apa bener, yang penting ingat dulu yang buat soal. Siapa? Allah. InsyaAllah dimudahkan. 3 jam ga kerasa udah selesai ujiannya. Dan jeng jeng… saya deg degan lihat hasilnya. Allahu Akbar hasilnya ga pernah saya sangka sebelumnya. Alhamdulillah… bahagia, pengen teriak, pengen peluk orang tua, pengen peluk doi, eh eh canda wkwk

Yah begitulah teman teman cerita saya. Saya yakin Allah lah sebaik baiknya perencana. Jika sebagus apapun bahasa Inggris kalian, tapi kalau Allah nggak ridha pasti ada aja penghalang buat lulus. Gimana caranya mendapatkan ridha-Nya? Minta doa orang tua, dekati Allah terus setiap saat, minta doa ke temen temen yang pernah kamu sakiti, sholawat gebyar terus, dan masih banyak amalan amalan lainnya. Untuk teman temanku, selamat berjuang semoga sukses. Amin. Doaku selalu menyertai kalian J

Komentar

Postingan populer dari blog ini

12 Facts About Me (Profile Video)

20 MENIT SEBELUM 20 TAHUN

7 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Saat Liburan Menjelang Hari Raya